Perbedaan itu Indah

Setiap kehidupan akan selalu meninggalkan kisah tertentu untuk menjadi pelajaran yang berharga untuk setiap individu. Begitupun denganku yang selalu belajar dalam setiap peristiwa yang terjadi karena aku tau Tuhan akan selalu mengajarkan sesuatu untuk umatnya agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu.  Orang bijak selalu berkata bahwa akan ada hikmah di setiap peristiwa yang terjadi, baik itu baik maupun buruk sekalipun.

Dalam pertemanan, kita juga bisa mengambil banyak pelajaran untuk bisa menjaga pertemanan tersebut menjadi semakin lebih baik ke depannya. Terdapat sebuah cerita tentang pertemanan tiga perempuan dengan latar belakang yang berbeda. Yang satu dengan yanglainnya memiliki karakter yang berbeda, ada yang suka membaca buku, menonton film, hingga duduk duduk sambil mendengarkan musik. Ketiganya memiliki kebiasaan yang berbeda sehingga untuk menyatukan mereka dalam aktifitas yang samapun akan terasa begitu susah. Mereka bertiga tinggal dalam sebuah rumah sederhana di pinggiran kota demi menjalankan amanah untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat sekitar. Hari demi hari pun dilalui bersama dengan mencegah konflik satu sama lain. Dengan memliki latar belakang kebiasaan yang berbeda seperti itu akan sangat mudah memecah belah mereka bertiga, apalagi ketiganya belum saling mengenal dengan baik. Perpecahan akan dengan gampang menghampiri mereka bertiga ketika ketiganya tak bisa mengerti satu sama lain. Meskipun terdapat seseorang yang bersikap egois, mereka akan tetap bersama jika yang dua bisa mengalah dan mengerti si egois tersebut.

Memiliki teman yang egois bukan berarti kita sedang ditimpa musibah, melainkan kita mendapatkan berkah dari Tuhan untuk bisa mengenal orang- orang istimewa seperti itu. Tuhan menciptakan manusia dengan keanekaragaman sifat untuk saling memahami satu sama lain. Tuhan menciptakan perbedaan bukan untuk saling menghancurkan melainkan untuk saling berteman dengan damai. Tuhan menciptakan keanekaragaman untuk mengajarkan kita bahwa perbedaan indah. Seperti berjuta- juta warna yang kita ketahui saat ini, bumi akan begitu gelap hanya dengan warna putih dan hitam saja. Pelangi tak akan seindah ini jika kita tak mengenal warna merah, biru, hijau, dan beberapa warna lainnya. Tuhan menciptakan keanekaragaman untuk kita supaya kita mengerti bahwa perbedaan itu indah. Perbedaan akan membawa cahaya indah tersendiri jika kita mau berbesar hati dan mengerti maksud dan tujuan kenapa Tuhan menciptakannya sedemikian rupa.

Malang, 29 Juli 2019

Ruang kosong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s