Kisah Kasih di MSAA

Ma’had Sunan Ampel Al-Aly
Universitas Islam Negeri Malang
Cipta generasi qur’ani
Untuk membangun bangsa
Kita selalu bersama
Dalam suasana suka duka
Penuh rasa kreativitas
Wujudkan syiar islam

Lebih dari 10 bulan sudah kami para mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly. Suka dan duka yang mengisi hari hari kami pun hampir selesai, dan hanya akan menjadi kenangan saja di tempat tinggal kami yang baru nantinya. Atau bahkan sebagian mahasantri yang tetap lanjut pun tak akan merasakan kesenangan dan kehebohan seperti menjadi mahasantri. Masa-masa indah itu tak akan bisa terulang, hanya catatan-catatan kecil lah yang nantinya mengingatkan kita mengenai memori indah selama hampir satu tahun ini. Biarkan adek kelas nantinya yang melanjutkan kehebohan, kekocakan para mahasantri. Biarlah semua merasakan betapa banyak pengalaman bisa didapatkan nantinya.
Ketika pertama kali kita masuk ke salah satu gedung asrama (baca: mabna), kami tak mengenal siapa pun, tak seorangpun mengenal siapa kita. Kita hanya akan disambut oleh kakak kelas kita (musrif/ah), seorang yang akan membimbing kita selama kurang lebih 10 bulan dan beberapa teman sekamar kita yang akan selalu kita temui setiap saat, hanya itu.
Kami dikenalkan dengan seluruh mahasantri ma’had sunan ampel al-aly melalui ta’aruf ma’had yang dilaksanakan di Gedung Sport Centre pada Bulan Agustus 2013 tahun lalu. Dengan menggunakan aksesori pada tiap mabnanya, kami unjuk gigi, menyombongkan diri bahwa kamilah yang paling baik diantara lainnya. Kami di ajarkan yel-yel , jargon tiap mabna. Suasana begitu meriah hingga menjelang tengah malam. Kami pun senang. Nampak beberapa wajah-wajah baru yang akan menemani beberapa rentetan acara ke depannya.
Ketika banyak orang berebutan untuk mendapatkan kursi untuk menunaikan ibadah haji setiap tahunnya. Begitu pula dengan kami para mahasantri, kami berebut untuk menjadi rombongan haji yang paling kompak diantara mabna yang lainnya. Latihan manasik setiap hari pun dilakukan guna membangun kekompakan tiap rombongan. Tepat pada awal Bulan September sebelum kami merayakan Idul Adha, rombongan manasik haji ma’had sunan ampel al-aly pun diberangkatkan. Dengan pemotongan beberapa ikat balon ke udara turut mengiringi perjalanan kami mulai dari ikhram sampai di tempat dimana kita bisa meneguk air zam-zam sepuas kita.
Hari demi hari pun kami lewati meskipun banyak beberapa kegiatan yang tak kami sukai. Sebut saja salah satu kegiatan yang setiap paginya dilakukan oleh para mahasantri. Semuanya banyak yang mengeluh, semuanya banyak yang tak suka. Menjalani aktivitas setiap harinya bersama seluruh mahasantri, karena akan ada hukuman dalam setiap absen yang kami lakukan. Sungguh aktifitas yang membosankan menurut kami. Sobahul Lughoh, singkat mirip dengan kuliah Bahasa, satu minggu Bahasa Arab, dan satu minggu berbahasa inggris. Ta’lim Al-Qur’an, sebuah kegiatan mengaji al-Qur’an, juga belajar mengenai tajwidnya. Dan terakhir, Ta’lim Afkar yang mempelajari Sunnah-sunnah maupun fiqih menurut beberapa alim ulama.
Memasuki akhir semester 1, kita juga masih juga disuguhkan oleh beberapa lomba yang bersangkutan dengan Al-Qur’an. Serangkaian acara mengenai Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), Al-Banjari, Kaligrafi, dan lain sebagainya. Dendangan lagu-lagu qosidah pun begitu indah dilantunkan dalam setiap dentuman alat alat al banjari pun mengiringi malam-malam perlombaan.
Liburan selama kurang lebih satu bulan pun terasa begitu singkat, mengingat di semester 2 nanti akan ada lebih banyak acara-acara untuk menggali bakat-bakat para mahasantri di tiap bidangnya. Meskipun begitu, masih banyak diantara kami yang terbayang-bayang masa liburan, padahal kami sudah berada di Mabna beberapa hari. Sungguh liburan yang begitu singkat tapi meninggalkan kesan tersendiri.
Dan lagi, kami dikumpulkan bersama di Gedung Sport Centre untuk pelantikan Muharrik-muharrikah yang difungsikan untuk lebih menggiatkan, untuk mengajak kami para mahasantri yang semangatnya mulai kendor, mulai sedikit nakal atas larangan-larangan yang telah ditetapkan. Para muharrik dan muharrikkah ini dipilih untuk turut mendedikasikan dirinya dalam memajukan tiap mabna untuk membantu musrif dan musrifah dalam berkompetisi di perlombaan yang akan datang, perlombaan yang akan dimulai pasca pelantikan malam tersebut, pada bulan Maret.
Memasuki pertengahan semester periode ini. Kami pun disibukkan dengan beberapa lomba-lomba, mulai dari Kontes Dangdut Islami (KDI), MSAA Idol, Master Chef, Stand Up Comedy dan beberapa perlombaan lainnya, yang tak semuanya bisa disebutkan. Hehe… Beberapa perlombaan pun dimeriahkan oleh para pendukung tiap peserta lomba. Setiap mabna pun mendelegasikan para mahasantri yang mahir di bidangnya. Satu persatu piala pun di dapatkan oleh setiap delegasi mabna yang menjadi juara.
Pelepasan puluhan balon oleh rektor UIN Maliki Malang pada akir Bulan April merupakan pembukanan Gebyar Bahasa 2014 di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly. Serangkaian acara seperti Mading 3D yang juga dipresentasikan menggunakan dua Bahasa, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kegiatan yang bertempat di lapangan UIN Maliki ini menjadi pembukaan atas serangkaian lomba-lomba berikutnya seperti debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, pemilihan Duta Bahasa, Demo Bahasa. Dan menjelang akhir Bulan Mei pun pengumuman juara-juara atas perlombaan di lapangan depan mabna Al-Ghazali. Riuh tepuk tangan penonton dan euphoria tergambar jelas dari sang pemenang.
Hari demi hari pun berganti, betapa singkat sisa waktu kami tinggal di bangunan sederhana ini. Hingga sebuah acara besar yang sengaja dipersiapkan untuk mengembangkan kreativitas kami lagi. Pekan Kreativitas Mahasantri. Merupakan puncak rangkaian dari beberapa rangkaian perlombaan kemarin, semuanya ada di sini. Goyang nusantara, acara yang menampilkan bakat-bakan para mahasantri mengenai kesenian tari tradisional Indonesia. Berita kocak, terdiri sekitar 5-10 mahasantri yang membawakan sebuah berita dengan kekonyolan tiap individu, dan banyak yang lainnya. Hingga datang malam puncak Muwadaah (Malam perpisahan) yang juga merupakan malam puncak Pekan Kreativitas Mahasantri. Acara ini dilaksanakan seperti biasa di Gedung Sport Centre pada pukul 19.00 (13/06/14) dan berakhir begitu larut malam. Kemegahan tatanan panggung dengan dekorasi yang tak biasa ini mendapat banyak pujian dari mahasantri yang datang, sungguh acara penutup yang mengagumkan, acara yang begitu berkesan bagi kami mahasantri yang akan meninggalkan lingkungan ini, meninggalkan semua aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan kami dalam satu tahun ini.
Tak terasa kami sudah berbagi keceriaan,kesedihan dalam kurun waktu yang tak pernah dibayangkan. Mungkin nantinya kami, para mahasantri akan merindukan beberapa kegiatan yang ada di Ma’had ini. Kami akan merindukan Khotmil Qur’an yang selalu dilaksanakan pada hari kamis pada minggu terakhir tiap bulannya. Acara ngaji bersama di Gedung Sport Centre ini tak lain merupakan ajang untuk mencari makan, hehe bagi sebagian dari kami, niatan kami untuk datang ke acara ini tak lain untuk mencari makan malam gratis, karena setiap mahasantri yang datang akan mendapatkan sekotak nasi dan segelas air mineral yang siap disantap ketika duduk di tempat yang dikehendaki.
Semua kenangan indah ini hanya akan menjadi pengingat ketika kita merindukan teman satu kamar, atau bahkan merindukan seseorang yang berkesan ketika masih menjadi mahasantri, yang sekarang sudah jarang ketemu meskipun kita masih berada di satu unversitas. Rasa malu untuk saling menyapa pun pasti akan tergambar ketika kami sudah memiliki dunianya masing-masing. Mungkin saja, kami akan merindukan Sobahul Lughoh yang begitu membosankan, rindu ketika kami menyanyi bersama meneriakkan yel-yel, rindu atas kerasnya suara para musrif/ah membangunkan tidur kami di pagi hari, kami pasti merindukan itu semua, meski ketika menjalani kami merasa sangat muak, sangat marah atas aktivitas yang begitu membosankan tersebut. Tapi apa daya, perpisahan tak bisa dihentikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s