Sebuah peristiwa sebuah cerita

ImageImageImageImageImage

Sekali lagi, sebuah acara besar terlaksana lagi pada tanggal 15-16 Maret 2014 kemarin. Dengan dihadiri sekitar lebih dari 50 siswa siswi FIC-VIA dan lebih dari 20 tamu dari berbagai komunitas di negeri ini. Sebuah acara yang dilaksanakan di salah satu lembaga belajar Al-Falah Islamic Course (FIC) dengan didukung dari perangkat desa setempat. Sebuah standing board terpajang di depan guna memberitahukan kepada setiap warga yang melintas di sekitar kursusan.

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 ini di buka dengan “Kelas Inspirasi” oleh Dwi Isnaini Kurniawati (Nia Azkia). Seorang novelist muda yang sudah membuat beberapa karya novel yang tersebar di beberapa took buku. Seorang yang mengabdikan hidupnya di dunia tulis menulis ini telah mengispirasi kami, para murid yang hadir dalam kelas ini untuk selalu melakukan apa yang kita sukai dan menyukai apa yang kita lakukan. Begitu pengalaman yang sangat membangun jiwa kami yang masih dalam pencarian jati diri.

Setelah istirahat beberapa waktu, pembawa acara mengajak para peserta untuk bermain beberapa permainan guna menaikkan semangat kami untuk mengikuti acara selanjutnya. Kelas inspirasi pun dilanjutkan oleh Abdullah Al-Kudus (Gus Aak). Seorang penggagas penghijauan dan pejuang lingkungan di Gunung Lemongan, Klakah, Lumajang. Seorang yang berlatang belakang pesantren ini dengan gigih menghijaukan dan membela lingkungan sekitar, apalagi Gunung Lemongan merupakan jantung kehidupan masyarakat sekitar. Dengan dibantu oleh tim “Laskar Hijau” yang juga turut membantu penghijauan di sana. Kami merasa tertampar ketika diputarkan sebuah video tentang sampah-sampah di sekitar kita. Jutaan sampah bisa dihasilkan oleh beberapa aktifitas manusia sepanjang harinya, sungguh kegitan yang sangat merugikan bumi ini. Dengan bertambahnya sampah, betapa bumi ini akan semakin rusak nantinya.

Setelah berlama-lama berdiskusi dengan para pejuang, sekitar pukul 03.00 sore, hiburan pun silih bergani dengan penampilan beberapa murid FIC-VIA. Pada pertunjukan pertama, kami dihibur oleh Tari Saman kreasi dari daerah Aceh. Sebuah tarian yang memiliki makna pembukaan ketika adanya sebuah acara. Penampilan berikutnya datang dari sekelompok anak kecil dengan bernyanyi dan menari di atas panggung. Gerakan-gerakan lucu disertai dengan suara khas mereka membuat para penonton tertawa olehnya. Setelah asyik tertawa ria, kami disuguhkan oleh sebuah drama yang berjudul Keong Mas. Sebuah dongeng yang berasal dari Kediri ini menceritakan tentang seorang puteri yang berubah menjadi seekor keong yang akhirnya terpisah dengan sang kekasih. Dilanjutkan oleh sebuah tarian tradisional dari tanah garam Madura. Liak-liuk penari pun membuat tubuh kami serasa ikutan berjoget meskipun kami tidak tahu menari. Setelah disuguhkan oleh lenggak-lenggok penari, sebuah aksi drama dengan tema pembaca berita ini pun menutup hiburan dan beberapa rangkaian sejak pagi tadi.

Acara pun berakhir dengan salam dari sang pembawa acara sekitar pukul 06.00. Para siswa dan siswi pun berhamburan pulang menuju rumah masing-masing. Pulang dengan membawa sejuta kenangan dan impian. Sungguh pengalaman yang berhaga kami dapat hari ini. Sebuah pengalaman yang tak akan pernah kami dapatkan di bangku sekolah ataupun di tinggkat universitas sekalipun. Sungguh pengalaman yang begitu bermanfaat, sesuatu yang membuka mata kita tentang dunia ini. Ternyata Tuhan menjawab kegalauanku beberapa hari sebelumnya, mengingat tidak diterimanya aku pada sebuah komunitas jurnalistik di kampusku. Sungguh berita yang membuat hati ini galau dalam sehari sebelumnya. Ternyata, Hari Minggu kemarin, semua menjadi jelas, Tuhan memberikan apa yang aku butuhkan, bukan apa yang aku inginkan. Mungkin, aku harus belajar lagi dengan orang-orang hebat yang aku temui beberapa waktu lalu. Belajar mengenai segalanya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s