Manasik Haji UIN Maliki Malang 2013

foto2834

foto2854

Minggu pagi (06/10) sekitar pukul 07.00 acara pembukaan manasik haji tahun 2013 yang dilaksanakan di Lapangan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahi Malang. Setelah menunggu peserta dari ke-5 mabna (tempat tinggal untuk Mahasantri seperti pondok pesantren), sebenarnya terdapat 9 mabna tapi untuk pembukaan hanya 5 mabna saja, acara pun di mulai. Sambutan dari ketua Ma’had (Pondok pesantren) pun mengawali upacara ini, di lanjutkan dengan pemotongan balon yang siap untuk di terbangkan oleh Wakil Rektor bidang Akademik, terbawa angin menuju langit luas nan jauh disana. Adzan  pun berkumandang dari suara emas salah seorang musyrif (pembimbing, biasanya mendampingi para Mahasantri di mabna)menandakan para jamaah siap untuk di berangkatkan ke Kota Suci Mekkah.

Urutan rombongan jamaah haji ini di mulai dari mabna Ibnu Sina, Ummu Salamah, Al-Farabi, Asma’ binti Abi Bakar, Al-Ghazali, Fatimah az-Zahra, Ibnu Rusyd, Siti Khodijah, Ibnu Kholdun.

Acara pun berlangsung secara khidmad. Selembar kain ihram (yang biasanya di pakai para jaah Haji) pun menutupi badan untuk para jamaah putra dan mukenah putih beserta bawahan rok putih untuk jamaah putri. Terdapat perbedaan dari setiap mukenah ataupun kain ihram peserta, itu di sesuaikan dengan ciri khas masing-masing.

Rute pertama yang di lalui yaitu Miqat di Kota Jeddah sebelum kota Mekkah, niat umroh pun di ucapkan serentak oleh satu kloter di depan Gedung C. Setelah pembacaan niat Kalimat Talbiyah pun di ucapkan sebanyak-banyaknya hingga menuju Kota Mekkah. Sesampainya di Kota Mekkah kami pun membaca doa memasuki Kota Mekkah. Tawaf( berjalan mengelilingi ka’bah) selama 3 kali (sebenarnya 7 kali) pun sudah di selesaikan, tawaf  yang dilakukan di tengah lapangan UIN ini berjalan dengan tertib setiap kloternya. Dilanjutkan Sa’I (lari-lari kecil dari Bukit Shofa dan Marwah ) ini dilakukan diantara lapangan olahraga dan Gedung B ini berjalan dengan santai karena untuk jamaah perempuan bisa berjalan, sedangkan lari-lari kecil untuk jamaah putra. Selanjutnya yaitu tahallul (acara pemotongan rambut sebagian untuk wanita, dan seluruh rambut kepala untuk pria) ini dilakukan di perempatan antara Gedung Rektorat , Gedung Fakultas Saintek, Gedung Fakultas Psikologi, dan Gedung B.

Kalimat Talbiyah pun lebih sering dilakukan pasca tahallul hingga melaksanakan miqat untuk melaksanakan niat haji, yang lebih tepatnya dilakukan di Gedung Microteaching. Setelah niat langsung berjalan keluar gerbang memutari dan berhenti di klinik setelah pintu masuk gerbang UIN. Mengucapkan doa untuk memasuki aArafah (tempat untuk wukuf ). Ketika sampai di Jabal Rahma ( sebuah bukit dimana tempat bertemunya Nabi Adam AS dengan Ibu Hawa dimasa lampau), kegiatan ini dilakukan di depan tangga besar UIN Maliki Malang. Selanjutnya wukuf ( berdiam diri dengan selalu berdoa, beristigfar menyebut asma-Nya), ini dilakukan di parkiran depan Gedung B yang bersebelahan dengan tempat melakukan jabal Rahma. Setelah mendengarkan kutbah dari seorang tokoh kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Muzdalifah. Kami melanjutkan perjalanan menuju Kota Mina yang berada di pojok jalan antara Gedung A dan Gedung B, di tempat ini kami dianjurkan untuk mengumpulkan kerikil, tapi panitia telah menggantinya dengan butiran-butiran jagung, kami mengambil secukupnya. Setelah dirasa cukup. Setelah membaca doa kami melanjutkan perjalanan menuju tempat untuk melakukan Lempar Jumrah di depan Gedung Spot Center. Pelemparan biji jagung yang telah diambil di Muzdhalifah ini dilakukan selama tiga kali, aqobah ula, aqobah wustho, aqobah kubro. Setelah pebacaan doa seusai melempar Jumrah kami melanjutkan berjalan menuju pos putri di belakang Gedung Spot Center untuk minum air zam-zam (air yang berasal dari tanah bekas kaki Nabi Ismail AS ketika masih bayi ketika menangis kehausan), segelas air mineral pun kami bawa pulang beserta sebungkus makanan tradisional yang telah disediakan oleh panitia manasik haji.

Acara pun selesai sekitar jam 09.00 WIB, masuk kamar dengan perasaan yang sangat bangga, bisa melaksanakan manasik haji, meskipun ini cuma manasik saja, InsyaAllah suatu saat akan terkabul keinginan untuk bisa pergi haji ke Tanah Suci Mekkah. Semoga mendapatkan keberkahan atas apa yang kita lakukan hari ini.

Labbaikallah humma labbaik,labbaik kalla syarikala kala labbaik ,innalhamda wanni’mata laka wal mulk laa syariikala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s