Besar yang kosong

Kita tentu tau bahwa disekitar kita terdapat beberapa masjid dengan model yang berbeda, mulai dari infrastruktur bangunan, seni yang di tampilkan, hingga fasilitas yang tersedia di dalamnya. Masjid yang didirikan ini tentunya memiliki fungsi utama yaitu untuk beribadah kepada ALLAH SWT. Tapi kenapa masjid masjid tersebut terkadang sepi?. Kita sering menemukan beberapa masjid di sekitar kita, misalnya masjid Agung di daerah Pagesangan, Surabaya, atau masjid Akbar di daerah Sidoarjo yang terletak di sekitar gedung-gedung Dinas nan megah. Tentunya masjid ini memiliki fungsi yang sama pula. Pernahkah kita melihat masjid itu ramai?. Mungkin ketika adzan berkumandang.

Masjid bukan Hiasan

Seperti tadi, bahwa fungsi masjid yaitu untuk beribadah kepada sang Khaliq, tetapi ternyata banyak orang yang menyalahfungsikan fungsi sebenarnya. Banyak orang yang dengan sengaja tidur di dalamnya, padahal sudah jelas terdapat larangan untuk tidak tidur di dalamnya.

Sebuah masjid yang besar tentunya  juga bukan dibangun hanya sekedar hiasan ataupun pajangan Agung di suatu daerah. Kita jarang sekali menjumpai aktifitas-aktifitas terjadi di masjid, seperti contoh ketika sholat berjamaah, setelah sholat orang langsung berhamburan menuju rumah masing-masing, atau bahkan pergi untuk meneruskan pekerjaannya. Dimana orang-orang yang dulunya bersalaman setelah sholat?, Dimana canda dan cengkrama di emperan masjid setelah sholat?.

Masjid- masjid besar hanya ramai ketika ada doa bersama, ketika ada acara rutin. Hanya sedikit orang yang menggunakan masjid untuk bersilaturahmi setelah sholat. Sekarang mereka lebih suka salam menyapa lewat Tekhnologi. Tidak ada lagi jabat tangan, tidak ada lagi sapaan antar orang, tidak ada lagi gurauan dan canda. Karena masjid-masjid kami cuma sebuah pajangan yang berhiaskan seni negara Timur Tengah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s