Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan momok yang sangat mengerikan bagi sebagian besar pelajar di Indonesia, melalui ujian ini kita diuji kemampuan kita. Nilai kita ditentukan oleh seperangkat komputer dari pemerintah, perjuangan kita selama 3 tahun hanya di tentukan dalam 4 hari.

Selama UN berlangsung saya telah banyak menemukan kejanggalan dalam pelaksanaan UN di salah satu sekolah swasta di daerah saya, pada saat pelaksanaan ujian terdapat beberapa pengawas yang sengaja membiarkan peserta untuk berdiskusi tentang soal, dalam hal ini sangat nyata bahwa UN yang seharusnya bersifat tenang tak lagi di temukan di berbagai sekolah di daerah saya. Kejadian ini sangat mengerikan bagi sebagian siswa yang merasa dirugikan oleh pihak pengawas yang melakukan hal tersebut, hal ini dikarenakan merekalah yang menerima dampak dari kekacauan ini, sungguh miris sekali kejadian ini menimpa negeri tercinta kita.

Tahun ini UN diselenggarakan dengan 20 paket soal, dengan 20 paket soal pemerintah mengharapkan tidak ada kecurangan dalam UN. Dari pihak peserta, banyak yang mengeluh dangan adanya sistem ini, mereka merasa keberatan dengan keputusan ini, apalagi UN 20 paket tahun ini merupakan UN ujicoba, jikalau tahun ini sukses akan dilanjutkan ke tahun selanjutnya. Sungguh ini menjadi momok bagi para peserta UN tahun ini.

Tapi, UN tahun ini dinilai gagal karena sekitar 11 provinsi di Indonesia tertunda melaksanakan UN tepat waktu, yang asalnya terjadwal pada hari Senin 15 April 2013 menjadi mundur beberapa hari setelahnya, malahan banyak juga sekolah sekolah men-fotocopy naskah ujian dikarenakan naskah yang belum sampai di tempat tersebut, sempat mendengar kabar bahwa beberapa kota mendapatkan jawaban Listening Bahasa Inggris.

Sungguh mengenaskan melihat fenomena yang terjadi pada negara kita tercinta ini, semoga generasi muda yang akan datang akan menjadi generasi yang bisa membanggakan Bahasa, Agama dan Tanah Air Indonesia.

Semangat terus untuk semua siswa di Indonesia.
One thing to change everything😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s