Suka duka menjelang penerimaan MaBa (Mahasiswa Baru) 1

Masa masa SMA adalah masa penentuan untuk menentukan kehidupan kita di kemudian hari, setelah melewati 3 tahun, semua siswa di hadapi ke-galauan di karenakan harus memilih mau kemana mereka. Pertanyaan yang sering muncul adalah ” Mau kemana kamu setelah lulus SMA ?”, “Kalau kamu ambil jurusan itu apa prospek ke depannya? “. Pertanyaan yang singkat tapi memiliki Power yang sangat kuat yang dapat mempengaruhi pilihan kita.

Pendaftaran Mahasiswa Baru bisa kita lakukan dengan berbagai cara mulai dari program dari Pemerintah maupun dari Direktorat Mahasiswa di setiap Universitas. Jalur pertama yaitu SNMPTN(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur ini di sediakan untuk para siswa tanpa melalui tes tulis tapi sistemseleksi berdasarkan nilai rapot mulai dari semester 1 hingga semester 5.   Jalur kedua yaitu SBMPTN(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Jalur ini merupakan jalur tes tulis yang diselenggarakan oleh universitas, sedangkan jalur direktorat merupakan jalur Kemitraan yang merupakan kebijakan dari setiap universitas-universitas.

Terdapat lebih dari 50 Universitas Negeri di Indonesia yang bisa di pilih oleh setiap siswa berdasarkan ketentuan yang sudah di tetapkan pemerintah. Dalam tahap ini siswa merasakan betapa sulitnya menentukan pilihan, bahkan ada yang sempat bertanya kesetiap orang tentang universitas yang akan dia pilih.

Sebetulnya seleksi ini tidak serumit itu jikalau kita memahami diri kita, memahami kemampuan kita, belajar dari kesalahan yang sudah kita lakukan di waktu lalu. Yang kita butuhkan sekarang adalah informasi yang memadai, percuma saja kita daftar tapi kita tidak memahami sistematikanya, dan juga terus berusaha dan minta restu dari kedua orang tua, tanpa mereka apa yang kita lakukan berarti kosong.

So guys keep studying and pranying. It will be nothing when you just do it once. Even if we will fail, it just the way to be succes🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s